Type to search

ASPIRASI INFO PEMERINTAHAN

Setelah 12 Tahun Terbengkalai, Terminal Regional Sengkang Bakal Beroperasi

Setelah 12 tahun terbengkalai, Terminal Regional Sengkang di Jl Sawerigading bakal dioperasikan tahun 2020 ini.

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Komisi III DPRD Wajo, Taqwa Gaffar usai meninjau Terminal Regional Sengkang yang juga merupakan Kantor Dinas Perhubungan Kabupaten Wajo, Rabu (4/3/2020).

“Tahun ini terminal yang di Callaccu akan dipindahkan ke sini (Terminal Regional), kita tinggal tunggu penandatanganan serah terima dari provinsi ke kabupaten,” kata Taqwa Gaffar.

Diketahui, setelah pembangunannya usai pada 2008 lalu, hingga saat ini kawasan Terminal Regional Sengkang cuma digunakan sebagai Kantor Dinas Perhubungan Sengkang, dan juga UPTD Pengujian Kendaraan Bermotor.

Rencananya, serah terima akan dilakukan pada puncak perayaan Hari Jadi Wajo (HJW) ke 621 pada 29 Maret 2020 mendatang.

“Kerana terminal Callaccu nantinya akan dijadikan RTH dan anggaran untuk itu sudah ada, makanya kita akan pindahkan semua secepatnya setelah serah terima,” katanya.

Namun, Ketua Fraksi Nasdem tersebut mewanti-wanti Dinas Perhubungan Kabupaten Wajo agar meminimalisir gejolak saat relokasi, terlebih untuk para pedagang.

“Jangan ada celah nantinya, terutama untuk penempatan pedagang di lods yang sudah ada,” katanya.

Sementara, Kasi Terminal dan Perparkiran Dinas Perhubungan Kabupaten Wajo, M Susandi menyebutkan telah dan akan melakukan sosialisasi.

“Kita di awal-awal ini akan kerja berat, tentu akan ada gejolak seperti penolakan kemarin yang para supir menganggap terlalu jauh dan ingin menurunkan penumpang di kota,” katanya.

Lebih lanjut, M Susandi menambahkan dengan pengoperasian nantinya tetap akan berpatokan pada Peraturan Daerah (Perda) Kabupaten Wajo nomor 20 tahun 2016 tentang retribusi terminal. Diketahui, ada 95 lods yang tersedia di Terminal Regional Sengkang.

Laporan : Humas DPRD Wajo

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *