Type to search

ASPIRASI KUNJUNGAN KERJA PEMERINTAHAN

Dewan Mendorong Perbaikan Pelabuhan Penyebrangan Cenranae Wajo

Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Wajo/Fraksi Partai NasDem, Taqwa Gaffar

Komisi III DPRD Kabupaten Wajo mendorong perbaikan Pelabuhan Cenranae Kelurahan Akkajeng Kecamatan Sajoanging Kabupaten Wajo agar dapat dimanfaatkan sebagaimana mestinya, hingga berkunjung ke Komisi V DPR RI.

Menurut Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Wajo Taqwa Gaffar, berdasarkan hasil pantauannya kondisi Pelabuhan Cenranae semakin memprihatinkan dan sangat membutuhkan dukungan anggaran untuk perbaikan dari Pemerintah.

“Beberapa waktu lalu sudah turun melihat pelabuhan yang berlokasi di Lingkungan Cenranae itu. Hanya sejumlah perahu kecil milik nelayan ditemukan bersandar. Dulu disana tempat merapatnya kapal pengangkut kayu dari pulau Kalimantan,” katanya.

Lebih jauh Taqwa Gaffar mengatakan, jika aktifitas penyebrangan barang di Pelabuhan Cenranae sangat ramai. Namun sekarang tidak ada lagi, akibat mengalami pendangkalan dari muara ke pelabuhan sepanjang 1 kilometer (km).

Ditambahkan Taqwa Gaffar, pihaknya ingin aset tersebut diserahkan ke pusat dalam hal ini Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan agar dilakukan pemeliharaan dan pengembangan pembangunan, setelah itu pengelolaan operasional dikembalikan ke kabupaten.

“Awalnya pengelolaan pelabuhan ditangan Pemerintah Kabupaten Wajo. Namun setelah ditelusuri sudah tercatat sebagai aset Pemerintah Provinsi Sulsel, dan sangat disayangkan aset itu terbengkalai, sejak sepuluh tahun tanpa diperhatikan lagi,” katanya.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) Wajo, Andi Pallawrukka menyambut baik rencana dewan asalkan itu sesuai dengan aturan, sebelum dialokasikan anggaran.

“Pemda mendukung setiap usaha yang dilakukan untuk kebaikan daerah. Memang disana tidak terawat dan terjadi pendangkalan. Cuma perlu diketahui dasar dari penyerahan aset dari Pemprov ke pusat,” urainya.

Menyikapi hal itu, Kepala Dinas Perhubungan Wajo, Andi Hasanuddin, menilai dengan adanya pengerukan terhadap pendangkalan di pelabuhan Cenranae, bisa memberikan dampak baik ke segala sektor.

“Pelabuhan Cenranae sangat berpotensi bisa menopang perekonomian para nelayan lokal baik ikan ataupun rumput laut. Utamanya menghidupkan kembali penyebrangan angkutan barang,” ucapnya.(Im)

(Humas DPRD Wajo)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *