LOADING

Type to search

BERITA UTAMA PEMERINTAHAN POLITIK

Ketua DPRD Wajo Bacakan Sejarah Hari Jadi Wajo

Share

DPRDWAJO – Ketua DPRD Kabupaten Wajo menghadiri puncak Peringatan Hari Jadi Wajo (HJW) ke 624, Kamis 4 Mei 2023, di Lapangan Merdeka Sengkang.

Pada acara puncak Peringatan HJW, Ketua DPRD Wajo, H. Andi Muhammad Alauddin Palaguna didaulat untuk membacakan sejarah singkat Hari Jadi Wajo.

Menurut, Alauddin, Bupati Wajo ke 8, Dahlan Maulana, merupakan orang pertama yang menggagas penetapan hari jadi Wajo.

Gagasan penetapan HJW dikomunikasikan dengan berbagai pihak untuk menjelaskan tujuan penetapan hari jadi Wajo.

“Maka pada tanggal 23 Januari 1995 diadakanlah seminar di Ruang Batara Kantor Bupati Wajo, yang dihadiri kurang lebih 300 orang dari budayawan, cendekiawan, pengusaha, tokoh agama dan generasi muda, ” Ucapnya.

Kata Alauddin dari beberapa pilihan, disepakati tanggal 29 Maret sebagai hari jadi Wajo. Karena pada hari itu kegigihan dan semangat juang La Maddukkelleng beserta rakyat Wajo yang telah berhasil mengusir penjajah Belanda dari Tanah Wajo. Peristiwa itu terjadi pada tahun 1741.

Usai membacakan sejarah singkat HJW, Alauddin menyampaikan selamat hari jadi Wajo yang ke 624.

” Atas nama pimpinan dan anggota DPRD Wajo, saya menyampaikan Selamat Hari Jadi Wajo ke 624 kepada seluruh masyarakat Kabupaten Wajo. Semoga Allah SWT senantiasa memberikan perlindungan kepada kita semua,” tutupnya.

Puncak Peringatan HJW ke-624 ini dihadiri langsung oleh Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman bersama Ketua TP PKK Sulsel, Naomi Octarina yang sudah di berada di Kabupaten Wajo sejak Rabu (3/5/2023) kemarin.

Turut hadir Anggota DPR RI, Anggota DPRD Prov Sulsel, Wakil Bupati Wajo, Amran, Ketua dan Anggota DPRD Kab Wajo, Jajaran Forkopimda, Para Mantan Bupati, mantan Wakil Bupati, Ketua Umum PP Ponpes As’adiyah, Kepala OPD Provinsi Sulsel, Pimpinan Instansi Prov Sulsel, Sekda bersama Para Kepala OPD Kab Wajo, Camat, Pimpinan Instansi Vertikal, BUMN/BUMD/ Perusahaan, Ketua dan Wakil Ketua TP PKK bersama Pimpinan Organisasi Wanita, pimpinan organisasi, para sesepuh, alim ulama, serta tokoh Kabupaten Wajo lainnya. (**)

Sumber: mediabahana.com

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *