Type to search

Diakhir Masa Jabatan, DPRD Wajo Setujui Empat Ranperda Jadi Perda

Share

Dewan Perwakilan Daerah (DPRD) Kabupaten Wajo menyetujui empat Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) disahkan jadi Peraturan Daerah (Perda) pada Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Wajo, Senin (29/07/2019).

Keempat Perda tersebut adalah 1.) Perubahan atas Peraturan Daerah Kabupaten Wajo No 11 tahun 2011 tentang Retribusi Pelayanan Kesehatan, 2.) Penyelenggaraan Perpustakaan Daerah, 3.) Pengarusutamaan Gender dan 4.) Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Wajo Tahun 2019-2024.

Pada Rapat Paripurna yang dipimpin oleh Wakil Ketua I DPRD Wajo, H Risman Lukman dan Wakil Ketua II Rahman Rahim dihadiri langsung oleh Bupati Wajo Dr H Amran Mahmud, Pimpinan OPD dan Forkopimda Wajo.

Wakil Ketua DPRD Wajo, H Risman Lukman, usai penyampaian masing-masing Ketua Pansus mengatakan berdasarkan laporan Pansus, cukup banyak penyempurnaan dan penyesuaian materi oleh para anggota dewan, dalam rangka mengakomodasi kepentingan yang ada dalam masyarakat maupun dalam Pemerintah Daerah Kabupaten Wajo.

“Ini dapt tercipta berkat adanya persamaan persepsi, dan semangat taat asas dalam memahami dan menyikapi berbagai ketentuan peraturan perundang-undangan yang mengharuskan kita semua untuk menentukan dan menetapkan pola dan arah kebijakan umum pemerintah daerah,” kata H Risman.

Diapun berharap dengan disetujuinya Perda tersebut sebagai dasar hukum dapat berhasil dan berdayaguna menciptakan kesejahteraan masyarakat Wajo.

Sementara Bupati Wajo, Amran Mahmud, dalam sambutannya menyampaikan apresiasi dan penghargaan setinggi-tingginya kepada anggota dewa yang telah bekerja keras merampungkan keseluruhan Ranperda.

“Terutama atas upaya yang dilakukan melalui studi komparatif, konsultasi dan fasilitasi diluar daerah, untuk menambah referensi materi muatan demi kesempurnaan Ranperda ini,” ucapnya. 

Laporan : Humas DPRD Wajo

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.