Type to search

Dilantik 2 September, Ini Bakal Calon Pimpinan Sementara DPRD Wajo dari PAN dan Gerindra

Share

Kursi Pimpinan DPRD Kabupaten Wajo bakal diisi oleh pimpinan sementara sebelum ditetapkan pimpinan secara definitif.

Dalam hal ini pimpinan sementara akan diisi dua komponen partai yakni PAN dan Gerindra. PAN merupakan peraih kursi terbanyak pertama dengan meraup 7 kursi sementara Gerindra terbanyak kedua dengan raihan 6 kursi.

“Setelah dilantik nanti, kan belum ada pimpinan definitif di DPRD, maka akan diisi oleh pimpinan sementara,” jelas Sekretaris DPRD (Sekwan) Wajo, H Muh Saleng, Sabtu (31/08/2019).

Hal itu kata dia, sesuai dengan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 Pasal 165 Ayat 1 tentang Pemerintah Daerah. Di dalamnya diatur jika pimpinan definitif belum terbentuk, maka akan diisi pimpinan sementara.

Sementara di pasal 165 ayat 2 dijelaskan bahwa pimpinan sementara DPRD kabupaten/kota sebagaimana dimaksud pada ayat 1 terdiri dari atas 1 orang ketua dan 1 orang wakil ketua yang berasal dari 2 partai politik yg memperoleh suara terbanyak pertama dan suara kedua di DPRD kabupaten/kota.

“Jadi untuk unsur pimpinan sementara ini, hanya ada dua orang, ketua dan wakil ketua. Nanti pimpinan definitif baru ada 3 unsur pimpinan partai, kursi ketua,.wakil ketua I dan wakil ketua II,” jelasnya.

Sekretaris DPRD sendiri mengaku telah mengantongi dua nama calon pimpinan sementara setelah sebelumnya menyurati PAN dan Gerindra untuk mengajukan nama kadernya untuk mengisi pimpinan sementara.

“PAN mengusulkan politisi senior 3 periode, H Andi Muh Alauddin Palaguna sebagai pimpinan sementara. Sedangkan dari Gerindra mengusulkan mantan birokrat senior Wajo yakni Firmansyah Perkesi,” bebernya.

“Sehingga begitu usai pelantikan nanti, pimpinan DPRD Periode 2014-2019 akan langsung menyerahkan palu sidang ke pimpinan sementara,” tutup Muh Saleng.

Diketahui, rencana pelantikan wakil rakyat di Kabupaten Wajo akan dilakukan pada 2 Septemner 2019 mendatang.

Laporan : Humas DPRD Wajo

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.